Home » » 10 Universitas Terbaik di Dunia dan Jadi Incaran Banyak Mahasiswa

10 Universitas Terbaik di Dunia dan Jadi Incaran Banyak Mahasiswa

10 Universitas Terbaik di Dunia dan di Incar Banyak Mahasiswa

1. Harvard University

Didirikan oleh John Harvard pada tahun 1636, universitas ini sudah melahirkan tokoh-tokoh yang sudah berhasil mengubah dunia.  Sebut saja Ban Ki-moon, F.D.  Roosevelt, Benazir Bhutto, bahkan Mark Zuckerberg pun pernah mencicipi pendidikan di Harvard University.

2. Stanford University

Universitas yang didirikan pada tahun 1891 ini terbilang sangat selektif dalam menyaring mahasiswanya.  Dari seluruh pelamar, Stanford rata-rata hanya menerima 7 persen dari total pelamar tersebut.  Alumninya pun bukan main-main, di antaranya adalah pendiri Google dan Hewlett Packard.

3. California Institute of Technology

Caltech sejauh ini telah menghasilkan lebih dari 30 alumni penerima Nobel.  Mahasiswa-mahasiswa dan tokoh dari California Institute of Technology ini juga berperan besar dalam membuat kota California mendapat julukan sebagai "Silicon Valley" alias pusat industri perkomputeran dan teknologi terbesar di dunia.

4. University of Oxford

Sudah berdiri sejak abad ke-13, Oxford dikenal sebagai universitas tertua nomor tiga di dunia.  Universitas ini memiliki mahasiswa asing dari seluruh penjuru dunia dan mendapatkan nilai nyaris sempurna (98,1) untuk riset yang sudah dijalankan dengan sukses dan dipublikasikan secara internasional.

5. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Walaupun dikenal sebagai sebuah institut teknologi, MIT juga ternyata memiliki jurusan ilmu sosial, seni dan manajemen.  Semua fakultas tersebut berdiri di area seluas 168 hektar di sekitar sungai Charles, dan berhasil mengakomodasi lebih dari 10.000 mahasiswa asing dan lokal.

6.  Princeton University

Secara fasilitas dan infrastruktur, Princeton memang luar biasa berkelas.  Kampus ini berdiri di atas area seluas lebih dari 500 hektar dan area sebesar itu digunakan untuk menampung "hanya" 5.000 mahasiswa S-1 dan 2.500 mahasiswa pascasarjana.

7.  University of Cambridge

Universitas Cambridge adalah universitas tertua dalam daftar ini, berlokasi Cambridge, Inggris.  Universitas ini sudah berdiri sejak tahun 1209 dan alumninya pun bukanlah tokoh sembarangan yang memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dunia.  Sebut saja Isaac Newton dengan teori gravitasinya, Charles Darwin dengan teori evolusinya, dan Alan Turing yang berhasil menciptakan prototipikal rumus komputer pertama di dunia.  Tak heran jika University of Cambridge selalu masuk ke dalam daftar 10 besar universitas terbaik dunia dalam berbagai versi.  Dibandingkan universitas lain, Cambridge memiliki skor untuk jumlah pengajar dan staf asing yang cukup tinggi, yaitu 83,6.

8.  Imperial College London

Universitas ini hanya mempunyai 4 fakultas yang dinilai menjadi spesialisasinya, yaitu fakultas sains, fakultas kedokteran (medicine), fakultas teknik, dan fakultas bisnis.  Imperial College London memiliki satu gedung universitas utama dan 7 kampus yang menampung kurang lebih 12 ribu mahasiswa lokal dan asing.

9.  University of California, Berkeley

Sejauh ini, sudah ada setidaknya 20 alumni University of California yang menjadi penerima hadiah nobel.  Perguruan tinggi ini memiliki sekitar 36.000 mahasiswa, dan 10.000 di antaranya belajar di jenjang S-2 serta S-3.

10.  University of Chicago

Lulusan ternama dari University of Chicago antara lain adalah Goldman Sachs (salah satu businessman terkaya di dunia), Paul Wolfowitz (Presiden Bank Dunia), dan William Mackenzie King (perdana menteri Kanada).


Itulah 10 Universitas Terbaik di Dunia dan di Incar Banyak Mahasiswa.


0 komentar:

Posting Komentar